-->

Cara Menggunakan OpenVPN

Apabila kalian sedang mencari tutorial untuk mengakses berbagai website yang diblokir, kalian menemukan halaman yang tepat. Pada artikel berikut ini akan kami bahas mengenai  cara mengakses berbagai situs yang diblogkir oleh pemerintah menggunakan aplikasi openVPN, tidak hanya itu disini juga akan kami jelaskan tentang pengertian OpenVPN, bagaimana cara kerjanya, dan manfaat dari menggunakan aplikasi tersebut.

Kamu juga akan menjelaskan secara detail mengenai petunjuk penggunaan OpenVPN mulai dari instal aplikasi, membuat akun vpn serta cara mengkoneksikannya. Baik pada bagian pertama akan kami jelaskan apa yang dimaksud OpenVPN.

Rekomendasi artikel tutorial dari kami yaitu Cara Menggunakan VPN di PC Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan merupakan cara atau langkah menggunakan VPN di PC atau Laptop tanpa aplikasi pihak ke 3, cara ini sangat cocok bagi pengguna komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah atau sedang.

Apa itu OpenVPN?

OpenVPN adalah merupakan salah software yang sifatnya adalah open source. Aplikasi ini berguna  untuk koneksi internet lewat Virtual Private Networking atau yang biasa disebut sebagai VPN.

Bagaimana Cara Kerja OpenVPN?

Cara kerja dari OpenVPN yaitu bekerja dengan membuat sambungan PTP Tunnel (Point-To-Point Tunnel) yang sudah dienkripsi. OpenVPN ini bekerja atau terkoneksi menggunakan Private Keys dan Certificate, atau lebih tepatnya menggunakan user dan password dalam melakukan otentikasi untuk membangun koneksi.

Cara Menggunakan OpenVPN
Cara Menggunakan OpenVPN

Manfaat OpenVPN

Penggunaan aplikasi Open VPN biasa digunakan  untuk mengakses situs yang terblokir serta biasa digunakan untuk menyembunyikan alamat IP yang sedang digunakan. 
Berikut ini merupakan penjelasan tentang  manfaat yang bisa Kalian  dapatkan dengan menggunakan koneksi OpenVPN pada perangkat Kalian ketika terkoneksi dengan internet !

  1. Kalian  jadi bisa melakukan surfing/ brosing secara anonim. Dengan adanya akses atau sambungan lewat VPN ini, alamat IP asli Kalian  akan tetap aman dari penglihatan pihak lain. Mengapa demikian? Karena pada saat Kalian  berseluncur di internet memakai VPN, IP Address yang terlihat adalah IP address dari server VPN tersebut, bukan IP Address Kalian  sendiri. Hal ini tentunya membuat Kalian  nyaman mengakses internet, jika Kalian  memKalian ng privasi sebagai nilai yang penting di era digital ini.
  2. Kalian  jadi bisa mengakses website-website yang diblokir oleh provider atau pemerintah Kalian. Tentunya Kalian  paham bahwa beberapa website melewati sistem pengawasan yang masih jadi perdebatan di berbagai negara, terutama di Indonesia. Kalian  bisa baca lebih lanjut perdebatan panas internet positif Indonesiapada artikel yang kami buat sebelumnya. Beberapa orang hanya ingin membaca blog-blog pribadi yang tidak memuat konten SARA apapun di Tumblr, namun Tumblr diblokir sehingga orang-orang tersebut kesal dengan kebijakan pemerintah tersebut. Nah, dengan adanya VPN, Kalian  tetap bisa mengakses website tersebut seperti biasa.
  3. Kalian  juga sebenarnya bisa mengakses internet secara gratis tanpa pulsa dan tanpa kuota internet dengan pemakaian OpenVPN ini. Jadi, Kalian  bisa browsing tanpa bayar. Sebenarnya, hampir semua provider di Indonesia bisa digunakan untuk akses gratis ini. Untuk GSM biasanya Telkomsel, Indosat, XL, AXIS, 3. Sedangkan untuk CDMA biasanya Smartfren, Esia, Flexi. Mengenai kecepatan pada saat browsing, ini bergantung pada sinyal Kalian  serta padat atau tidaknya BTS Traffic pada area Kalian .
  4. Adapun manfaat lainnya yaitu Kalian  bisa meningkatkan keamanan perangkat Kalian  (baik itu sistem maupun seluruh data yang tersimpan di dalamnya) pada saat menggunakan public WiFi. Kalian  perlu tahu bahwa akses internet gratis yang terbuka bagi umum sangat rentan aksi peretasan dan masuknya Malware berbahaya. Aplikasi VPN ini bisa menjadi suatu cara melindungi Kalian  dari hal-hal itu.
  5. Kalian  tentunya tak mau data Kalian  dipantau oleh pihak ketiga selagi Kalian  mengakses internet. Nah, dengan aplikasi tersebut, semua koneksi yang terjadi terenkripsi sehingga hanya Kalian  yang mengetahui riwayat penelusuran atau pengiriman data Kalian .

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat lainnya dari OpenVPN. Dari ke 5 Hal diatas  manfaat utama ketika kalian menggunakan koneksi menggunakan OpenVPN. 

Rekomendasi Artikel :
Bagi kamu pengguna VPN di PC atau di Laptop wajib mencoba Aplikasi VPN Pro PC/Laptop ini, selain mudah digunakan, kapasitas file atau ukuran fileya kecil yang pasti gratis dan bisa diguakan sampai kapanpun.

Tidak ada hal yang sempurna dari sebuah sistem, walaupun sudah menggunakan koneksi OpenVPN yang memiliki  banyak sekali manfaat, sebenarnya ada beberapa kelemahan dari OpenVPN. OpenVPN pada umumnya akan membuat koneksi Kalian  menjadi sedikit lebih lambat. Namun kelemahan itu tentu saja tertutupi dengan banyaknya kelebihan atau manfaat dari OpenVPN tadi. Nah, sekarang kami akan membahas cara menggunakan OpenVPN di berbagai perangkat agar Kalian  bisa langsung merasakan manfaatnya.

Coba koneksi VPN Terbaik untuk bermain game di Tahun 2020, dengan akses data tercepat dan memiliki banyak pilihan server diberbagai negara. Baca artikel 5 VPN Terbaik untuk bermain game di tahun 2020.

Rekomendasi :
Cara Menggunakan VPN di PC dengan Aplikasi VPN Gate, selain gratis juga banyak sekali pilihan server dari seluruh negeri yang tersedia. Penggunaanya simple dan sederhana

Cara Menggunakan OpenVPN Android

Bagi Kalian  para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Kalian  bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankan OpenVPN!
  1. Pertama, coba download aplikasi OpenVPN Connect untuk Android, Kalian  juga bisa cari di Google Play Store Kalian  dan install.
  2. Kemudian download config OpenVPN yang masih aktif. Kalian  bisa saja mencarinya di mesin telusur semacam Google atau pada group-group Facebook. Bahkan Kalian  juga bisa mencoba membuatnya sendiri. Silakan cari petunjuk cara membuatnya dengan browsing.
  3. Jika config OpenVPN yang masih aktif tersebut telah tersedia, Kalian  bisa install dan jalankan aplikasi OpenVPN.
  4. Kalian  pilih icon titik tiga di kanan atas pada layar smartphone Kalian .
  5. Klik “Import”.
  6. Lalu Klik “Import Profile From SD Card”.
  7. Sekarang silakan cari config dengan format “.ovpn” yang telah Kalian  simpan pada tahap sebelumnya, kemudian silakan klik “Select”.
  8. Lalu bagaimana cara menjalankannya? Kalian  tinggal jalankan config itu dengan cara klik “Connect”. Kemudian mohon tunggu prosesnya untuk menyambungkan, jika berhasil maka Kalian  akan melihat adanya notifikasi “Connected”.
  9. Terakhir, cobalah browsing seperti biasa. OpenVPN sudah bisa berfungsi.

Cara Menggunakan OpenVPN di Windows

Untuk dapat menggunakan aplikasi OpenVPN di PC pada systim operating Windows harus menginstal aplikasi OpenVPN terlebih dahulu. Simak tutorial langkah di bawah ini untuk dapat menggunakan OpenVPN pada laptop maupun PC Kalian !
  1. Install openvpn pada link download OpenVPN yang tersedia. Untuk yang menggunakan operating sistem windows versi 7 keatas harus  mengubah pengaturan menjadi Run as Admin.
  2. Selanjutnya, silakan Kalian  download config OpenVPN dan pilih server download yang Kalian  inginkan. Sebenarnya Kalian  juga bisa mencari sendiri link download lainnya dengan melakukan penelusuran pada Google. Kalian  tinggal masukkan keyword/ kata kunci download config OpenVPN.
  3. Lakukan extract dari file OpenVPN dari link config di tahap sebelumnya. Kemudian Kalian  akan mendapat file maupun folder OpenVPN pada laptop/ PC Kalian .
  4. Kemudian, silakan Kalian  pindahkan file/ folder OpenVPN tersebut ke dalam C:/Program Files/OpenVPN/config. Hapus terlebih dahulu atau di pindah  file selain untuk OpenvPN didalam folder tersebut.
  5. Silakan gunakan internet seperti biasa. Apakah itu wifi maupun modem. Lalu coba set port Kalian  seperti yang diinginkan. Misalkan, Kalian  memasukkan 8080 untuk inject. Kemudian, jangan lupa klik Start
  6. Buka Aplikasi  OpenVPN GUI melalui tahapan: klik Start > All Programs > OpenVPN > OpenVPN GUI (Posisinya di pojok kanan bawah, dekat bari jam)
  7.  Klik kanan pada OpenVPN GUI, pilih Setting > Manual Configuration > HTTP Proxy. Kemudian pada bagian Address, silakan masukkan kombinasi angka 127.0.01 dan pada bagian Port masukkan angka pada tahap sebelumnya (misal) 8080. Lalu klik OK
  8. Klik kanan lagi pada OpenVPN GUI, klik Connect. Lalu silakan masukkan username dan password yang telah Kalian  buat sebelumnya pada website download config. Tunggulah sampai warna pada icon OpenVPN GUI berubah menjadi hijau.
  9. Nah sekarang coba jalankan browsing seperti biasa. Seharusnya jika semua langkah telah Kalian  kerjakan tanpa terlewat maka OpenVPN sudah bisa berfungsi.

Download Aplikasi OpenVPN Windows System

Untuk aplikasi instaler OpenVPN bisa kalian download melalui link dibawah ini !

Open VPN Windows 7/8/8.1/Server 2012R2 Instaler

Windows 10 Instaler

Windows Server 2016 Instaler

Video tutorial tentang cara membuat akun openvpn terbaru :

Video Tutorial Cara Menggunakan OpenVPN
Apabila penjelasan diatas kurang jelas silahkan simak video Video Tutorial Cara Menggunakan OpenVPN dibawah ini !


Video Tutorial Cara Menggunakan OpenVPN

Itulah cara menggunakan OpenVPN di Android dan Windows. Selamat berselancar di internet tanpa hambatan! Sebagai provider hosting murah dan vps murah yang telah bersertifikat kualitas internasional , kami berkomitmen untuk mensukseskan Kalian  secara online. Kalian  dapat membaca artikel-artikel kami lainnya pada blog Dewaweb untuk mendapatkan konten informatif dan menarik seputar IT, khususnya pengembangan website dan pengembangan bisnis secara online .