-->

Cara Menggunakan VPN di PC

Cara Menggunakan VPN di PC- Ok sobat semua, Bagaimana pengalaman kalian menggunakan koneksi VPN? Masih ada situs yang masih diblokir? Sudah bisa bermain game online ?  
Pada artikel sebelumnya kami bagikan tutorial Cara Menggunakan VPN di Androit menggunakan aplikasi seperti :
  1. Cara Menggunakan VPN di Android dengan VPN Master
  2. Cara Menggunakan VPN di Android dengan Turbo VPN

Rekomendasi Artikel :
Bagi kamu pengguna VPN di PC atau di Laptop wajib mencoba Aplikasi VPN Pro PC/Laptop ini, selain mudah digunakan, kapasitas file atau ukuran fileya kecil yang pasti gratis dan bisa diguakan sampai kapanpun.

Rekomendasi artikel baru 10 Negara dengan kecepatan Internet atau koneksi VPN tercepat di Dunia. Nah, ini dapat digunakan sebagai referensi bagi kamu yang ingin membuat akun VPN atau membeli akun VPN. Negara mana saja yang menjadi 10 urutan negaran dengan internet tercepat. Baca artikel selengkapnya 10 Negara Internet Tercepat di Dunia

Dan pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi tutorial tentang Cara Menggunakan VPN di PC, namun dengan Aplikasi dari Pihak ke 3 yang sebenarnya sudah kami singgung sedikit pada artikel Cara Menggunakan VPN. Sebelum kita melanjutkan tutorial ada beberapa istilah yang penting dan perlu kalian pahami, agar nantinya tidak bingung dengan isi pada artikel tutorial ini.

Coba koneksi VPN Terbaik untuk bermain game di Tahun 2020, dengan akses data tercepat dan memiliki banyak pilihan server diberbagai negara. Baca artikel 5 VPN Terbaik untuk bermain game di tahun 2020

Rekomendasi :
Cara Menggunakan VPN di PC dengan Aplikasi VPN Gate, selain gratis juga banyak sekali pilihan server dari seluruh negeri yang tersedia. Penggunaanya simple dan sederhana

Apa sih itu VPN ? Dan apa itu Open VPN ?

Pahami  terlebih dahulu tentang  pengertian VPN, VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan koneksi private jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman melalui jaringan publik atau internet, virtual network berarti jaringan yang terjadi hanya bersifat virtual.
Sedangkan Open VPN adalah sebuah aplikasi atau software open source untuk Virtual Private Networking (VPN) yang cross platform, dimana aplikasi tersebut bekerja membuat koneksi point-to-point tunnel yang telah terenkripsi.

Manfaat Menggunakan VPN ?
Secara sederhana fungsi VPN adalah sebagai berikut :
 Confidentially (Kerahasiaan)  
Perlindungan terhadap data atau file yang kita akses atau kita transfer. Data atau file akan terlindungi dengan adanya enkripsi pada setiap transaksinya.
Data Integrity (Keutuhan Data)
Setiap data atau file yang terkirim akan dijaga keutuhan data sehingga ketika sampai penerima
tetap sama.
Origin Authentication (Autentikasi Sumber)
Open VPN melakukan pemeriksaan autentikasi terhadap sumber - sumber.
Data Encryption (Enkripsi Data)
Open VPN melindungi data dengan enkripsi sehingga data sulit untukditerjemahkan/dibaca.

Apa sih keuntungannya jika menggunakan VPN ?

Kelebihan menggunakan jaringan VPN sebenarnya ada banyak sekali, sebagian besar kelebihan dan keuntungannya adalah sebagai berikut :
Anonymous Surfing
Memberikan keamanan terhadap IP yang kita gunakan, secara otomatis ketika kita menggunakan tambahan koneksi VPN maka alamat ISP yang kita gunakan akan disembunyikan atau disamarkan (secara tersembunyi).

Enkripsi 265bit/2048bit
File dan data yang diupload atau didownload akan mengalami enkripsi terlebih dahulu, sehingga datanya terjamin keamananan dan kelangsungan pengirimannya sehingga tidak terjadi kegagalan saat pengiriman.
Dapat mengakses apapun situs - situs yang diblokir apabila kita menggunakan ISP Local

Koneksi VPN adalah langkah terbaik untuk mengakses beberapa video dan musik situs luar negeri  yang paling populer dari negara lain dan Juga banyak digunakan sebagai cara paling sederhana dan efisien untuk membuka blokir sensor internet dan memberikan pengguna akses ke sumber informasi gratis internet di seluruh dunia.

Menjaga keamanan data
Dengan koneksi VPN dapat menjaga keamanan username dan password sebuah akun yang kita gunakan, hal ini dikarean sifat dari VPN itu yang private dan tersembunyi tanpa diketahui orang lain.
Menyembunyikan alamat IP nyata. Dengan menggunakan koneksi VPN kita dapat menyembunyikan alamat IP yang kita gunakan sebagai client. Karena yang terbaca  adalah alamat IP public yang dimiliki server VPN yang kita buat.

Pengertian Open VPN ?

Berbeda dengan VPN, Open VPN merupakan Software open-source yang bisa kita pakai Untuk koneksi dengan VPN dan cara kerja dari openm vpn adalah hubungan Point to Point tunnel yang memakai private keys, certificate,  username dan password untuk menghubungkan ke koneksi.
Kelebihan Open VPN dibandingkan dengan VPN.

Kelebihan menggunakan Open VPN dengan VPN sebenarnya hampir, dengan cara memasang vpn lainya contohnya kemarin kami membuat artikel tentang Cara Membuka Situs Yang Di Blokir pada tutorial tersebut kami menggunakan vpn yang berupa eskternsi Browser namanaya anonimox dan cara pemasangnya dan pengaturannya sangat mudah. Namun, ekstensi tersebut hanya berkerja di Browes itu saja .
Cara menggunakan VPN di PC.

Terdapat software tambahan yang dipakai untuk menggunakan  Open VPN yaitu Softwarenya dan Konfigurasi VPN server, nah untuk VPN servernya kita bisa menggunakan versi gratis, namun untuk performa kurang maksimal. Namun, apabila membutuhkan kecepatan yang tinggi  kita dapat membeli akun akun VPN atau menyewa server VPN sendiri.
1. Langkah pertama adalah silahkan download software atau aplikasi tambahan pada link dibawah ini.
Download Open VPN di situs oficialnya disini https://Open VPN.net/index.php/open-source/downloads.html .
Note :
Sesuaikan dengan operatisng system yang kalian gunakan, bagi pengguna Windos, Mac OS, Linux silahkan menyesuaikan file yang akan di download

2. Setelah file berhasil di download kemudian Install Open VPN, ikuti sampai selesai .
3. Langkah selanjutnya adalah Download konfigurasi (config) pada site tempat kita membuat akun vpn. Atau kita mendownload sendiri dari server tempat kita menyewa VPS yang telah disetting konfigurasi VPN
Pada artikel sebelumnya kami sudah membuat artikel tutorial tentang :
Cara Membuat Akun VPN Preimium
Cara Membuat Akun VPN Gratis
4.  Apabila sudah mendapat file config atau konfigurasi langkah selanjutnya copy paste file tersebut
Config(.ovpn)  dalam  filenya masih berbentuk .Rar ektrak File terlebih dahulu hingga muncul filenya dengan format vpn.config Sekarang agan Pindahkan File tersebut Ke C => Progam Files => Open VPN => Config dan pastekan disitu  
5. Apabila langkah-langkah diatas sudah selesai maka, Cara Menggunakan VPN di PC dengan tipe Open VPN siap dihubungkan. Pada Tray Icon layar disebelah pojok kanan bawah klik kanan dan konekkan. Maka akan muncul jendela tampilan Open VPN untuk meminta memasukan Username dan Password akun Open VPN. Silahkan Isi Username And pasword sesuai Data akun yang tadi sudah di buat
6. Apabila sudah klik Ok maka otomatis VPN akan tersambung

Cek konektifitas, untuk memastikan apakah VPN sudah aktif, anda bisa mengunjungi whatismyip.com untuk mengecek IP. Apakah Alamat IP sudah sama dengan IP server atau Negara yang kita buat.

Apabila masih mengalami kesulisan coba cek video tutorial berikut ini :

Bagaimana cara menggunakan Koneksi VPN di PC?


Untuk Cara Menggunakan VPN di PC (Personal Computer) ada beberapa metode atau cara yang bisa digunakan :  
  1. Layanan yang disedikan oleh Operating Sistem 
  2. Aplikasi Tambahan dari Pihak ke 3

Jenis koneksi menggunakan  VPN pun ada beberapa jenis. Namun, pada kesempatan ada dua jenis VPN yang saya contohnya pada artikel ini, baca secara lengkap pada artikel berikutnya
Cara Menggunakan VPN PPTP, langkah menggunakan VPN PPTP dengan pengaturan yang tersedia pada windows 10 adalah sebagai berikut :
1. Pada pengaturan atau Setting,  Windows Settings dan pilih Network & Internet.

Cara Menggunakan VPN di Windows 10
Cara Menggunakan VPN di Windows 10

2. Klik tombol "+"  VPN dan pilih Add a VPN connection.
Cara Menggunakan VPN di Windows 10
Cara Menggunakan VPN di Windows 10
3. Isi kolom yang dibutuhkan dengan IP dan server VPN yang telah dibuat, contohnya seperti gambar berikut.

Cara Menggunakan VPN di Windows 10
Cara Menggunakan VPN di Windows 10
4.  Klik Save.
5. Untuk terhubung dengan koneksi VPN, pilih tombol Connect pada profil VPN yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya.
Cara Menggunakan VPN di Windows 10
Cara Menggunakan VPN di Windows 10
6. Muncul notifikasi sudah terhubung dengan VPN yang sudah dibuat, untuk memastikan apakah VPN sudah aktif, anda bisa mengunjungi whatismyip.com untuk mengecek IP.

Rekomendasi artikel tutorial dari kami yaitu Cara Menggunakan VPN di PC Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan merupakan cara atau langkah menggunakan VPN di PC atau Laptop tanpa aplikasi pihak ke 3, cara ini sangat cocok bagi pengguna komputer atau laptop dengan spesifikasi yang rendah atau sedang.

Cara Menggunakan VPN di PC dengan OpenVPN

Cara Menggunakan VPN di PC dapat juga menggunakan akun Open VPN, tidak jauh berbeda dengan menggunakan akun PPTP, kita harus memiliki akun Open VPN terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap dan tutorial video baca selengkapnya  Cara Membuat Akun Open VPN.

Apabila sudah memiliki akun Open VPN baik yang gratis maupun Premium Server langkah pengaturannya tidak jauh berbeda. Kita memerlukan aplikasi tambahan pihak ke 3 yang dapat kita download melalui link dibawah ini :
Download Software Open VPN
Setelah selesai download, install langsung software tersebut. Kemudian ikuti langkah berikut ini.

1. Klik panah segitiga Show hidden icons.Kemudian klik kanan pada icon OpenVPN GUI & pilih Import File yang telah kalian buat

cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows
2. Cari file atau config Open VPN yang telah di buat dan di download sebelumnya, kemudian klik Open.
cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows

3. Apabila sukses maka akan muncul notifikasi  “File imported successfully” dan klik OK.
  
cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows
4. Klik lagi icon OpenVPN GUI, klik kanan dan Connect.
cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows

5. Masukkan Username dan Password akun VPN anda, lalu klik OK.
cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows
 6. Ketika VPN sudah berhasil dihubungkan, maka icon wifi anda akan berubah seperti gambar dibawah ini.
cara menggunakan open vpn di windows
cara menggunakan open vpn di windows

7. Untuk memastikannya, silahkan cek IP anda di whatismyip.com.

Tidak hanya dua cara diatas kita dapat menggunakan layanan VPN secara gratis dengan aplikasi tambahan seperti Psiphon. Ada beberapa server yang secara langsung dapat kita gunakan tanpa harus membuat akun terlebih dahulu, kelebihan lain menggunakan Aplikasi Psiphon adalah gratis, walaupun sebenarnya ada yang versi berbayar. Namun, versi gratis dapat kita manfaat untuk browsing tanpa khawatir muncul notifikasi pemblokliran atas situs yang kita buka.

Aplikasi ini dapat langsung kita gunakan tanpa harus di diinstal terlebih dahulu atau dalam bentuk portable. Untuik download Aplikasi Psiphon klik link dibawah ini :
Download Psiphon
APlikasi psiphon tidak hanya digunakan digunakan di Personal Computer (PC) tetapi juga dapat digunakan di Smartphone, Android dan Operating sistem Mac OS.

Cara menggunakan VPN dengan APlikasi Psiphon sangat mudah dan gampang sekali :

1. Setelah selesai download file Psiphon untuk Windows dan install. 
2. Jalankan aplikasi Psiphon dan kemudian pilih server VPN pada pilihan. Setelah itu klik Connect.
Cara menggunakan VPN dengan APlikasi Psiphon
3. Proses selanjutnya tunggu sampai konfigurasi psiphon hingga sukses terhubung
4. Pengalaman apabila sudah berhasil Connect, maka otomatis terbuka website Psiphon.
Cara menggunakan VPN dengan APlikasi Psiphon
Cara menggunakan VPN dengan APlikasi Psiphon
5. Untuk memastikan lagi, cek IP anda di whatismyip.com.

Selain beberapa cara diatas kita juga dapat menggunakan VPN melalui ekstensi browser, langkah ini lebih mudah dan paling sering digunakan beberapa pengguna untuk membuka beberapa situs yang diblokil oleh penyedia layanan internet atau provider. Karena digunakan langsung lewat instal ekstensi pada proses jadi penggunaanya tidak banyak memakai kapasitas RAM.

Bagaimana cara Menggunakan VPN lewat browser atau instal ekstensi.
Langkah menggunakan VPN lewat instal ekstensi sangat mudah dan paling sederhana 
1. Silahkan pasang extension Touch VPN di Chrome Web Store. Kalian bisa unduh esktensi Touch VPN
cara menggunakan vpn di browser
cara menggunakan vpn di browser

2. Kemudian klik Icon Touch VPN di menu bar google Chrome dan Klik Connect.
3. Tunggu sampai proses selesai, biasanya tidak sampai 10 detik proses telah selesai.
4. Jika VPN sudah aktif, maka tampilan extension Touch VPN akan seperti dibawah ini.
extension Touch VPN
Terhubung extension Touch VPN

Seperti yang anda liat bahwa anda bisa melakukan setting juga di Ad blocker, Trackers, Cookies, dan Malware. Silahkan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Apabila anda sering menggunakan android dan ingin menggunakan vpn juga, maka ada cara menggunakan vpn di android menggunakan beberapa aplikasi.

Berikut ini Video Cara Menggunakan VPN, mungkin kalian bisa mengaplikasikan untuk kalian praktekkan

Semoga bermanfaat artikel tentang Cara Menggunakan VPN di PC.